Chatting lewat Command Prompt Windows

Alhamdullilah sekarang udah mulai terbiasa sama Nge-Blog, walau terkadang sangat asing di telinga, rupa nya manfaat nya baru terasa ketika kita lupa karena sesuatu, entah itu pekerjaan yang numpuk atau kesibukan yang laen.

Bingung sedikit, ketika mau chat sama teman jaringan,males mau instal aplikasi chat jaringan,cuma bermodalkan notepad sama services mesengger udah bisa chat rupa nya. 🙂

Jika Anda ingin chatting dengan teman atau rekan kerja anda dalam satu jaringan lokal, Anda tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi atau instal program untuk chating seperti Ym misalnya. Saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk chatting menggunakan Command prompt. Yang Anda butuhkan adalah teman-teman anda, alamat IP target dan Command Prompt. oke kita langsung aja.

1. Langkah pertama tulis source code berikut pada notepad :

@echo off
:A
Cls
echo Chatting
set /p n=IP:
set /p m=Pesan:
net send %n% %m%
Pause
Goto A

2. SAVE dengan dengan nama curhat.bat, ingat file yang disimpan harus berekstensi “.bat”.

3. Jalankan programnya.

4. Masuk kan alamat IP komputer yang ingin anda ajak chatting lalu tekan enter, lalu akan muncul pesan tepatnya dibawah IP tadi, selajutnya terserah anda…

Catatan :
Sebelum anda menjalankan aplikasi, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan service untuk messenger komputer kita dan komputer lawan chat. Caranya adalah buka Control Panel -> Administratif Tools -> Services. Setelah masuk service lalu cari Messenger, klik 2x pada mesenger atau Klik kanan pada Messenger ->Properties lalu pada Startup type ganti dengan Automatic -> klik Aplly ->klik Start, lalu OK.

Ada cara tercepat masuk ke services komputer, anda hanya cukup mengetikan services.msc di Command prompt.

Selamat mengobrol lewat Command prompt 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment